Minggu, 14 Februari 2010

Kiat Hindari Hutang dengan Kartu Kredit

Current info about news is not always the easiest thing to locate. Fortunately, this report includes the latest news info available.
VIVAnews - Mengelola keuangan bisa jadi gampang-gampang susah. Menangani keuangan secara tepat sangat diperlukan, baik  tabungan, investasi maupun hutang. Termasuk pembayaran kartu kredit.

Sejak beberapa tahun belakang, penggunaan kartu kredit diminati banyak orang karena sifatnya yang praktis. Tetapi tunggu dulu. Keliru menanganinya bisa berakibat bencana.

Ada beberapa kiat dari Citi Indonesia agar Anda tetap dapat mengelola keuangan tanpa harus dipusingkan dengan lilitan hutang.

1. Buat Anggaran

Catat pengeluaran yang ingin dibayarkan melalui kartu kredit selama sebulan. Pengeluaran rutin bulanan belanja kebutuhan dapur, bensin, hingga makan di restoran. Ketahuilah nilai yang akan ditagihkan ke kartu kredit maupun pengeluaran yang dilakukan secara tunai. Anda perlu mengawasi pengeluaran dan pastikan tidak melebihi dana yang dianggarkan.

2. Tentukan Batas Pengeluaran Bulanan

Walaupun sangat menggoda untuk menggesek kartu, Anda perlu mendisiplinkan diri menggunakan kartu kredit. Jangan menggunakan kartu kredit hingga mendekati batasnya. Sebaiknya sisakan dana untuk untuk kebutuhan darurat.

3. Hindari Belanja Impulsif

Bagi para penggila belanja yang sering terjadi pada wanita, hindari berbelanja secara impulsif. Dalam berbelanja, wanita bersifat lebih  dibanding pria. Untuk itu, jangan biasakan diri menggunakan kartu kredit untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja Anda. Meski memiliki kartu kredit, keputusan belanja harus seperti saat Anda memegang uang tunai.

4. Bayar Tepat Waktu

Think about what you've read so far. Does it reinforce what you already know about news? Or was there something completely new? What about the remaining paragraphs?

Bayarlah hutang kartu kredit Anda 5-7 hari sebelum jatuh tempo agar terbebas dari denda dan bunga. Lebih dianjurkan agar membayar seluruh tagihan secara penuh setiap bulan. Sebaiknya lakukan pembayaran reguler bulanan dengan direct debit ataupun giro. Ini akan memperbaiki rekam jejak Anda di bank maupun Sistem Informasi Debitur.

5. Manfaatkan Tenggang Waktu Bebas Bunga

Biasanya institusi penerbit kartu memberi waktu agar nasabahnya membayar tagihan tanpa terkena denda, umumnya selama 20-25 hari. Namun manfaat ini diberikan bagi pemilik kartu yang telah melunasi tagihan sebelumnya.

6. Bayar Lebih dari Batas Minimum

Biasakan untuk membayar lebih dari batas minimum (10 persen). Jika Anda menerima bonus, gunakan bonus tersebut untuk melunasi tagihan sehingga Anda lebih cepat terbebas dari hutang.

7. Bukan Uang Anda

Anda harus mengingat bahwa uang yang Anda gunakan pada dasarnya adalah uang bank, bukan uang Anda. Karena itu, gunakan dengan bijaksana untuk kebutuhan sehari-hari, namun jangan menyalahgunakan kartu kredit sebagai pendapatan ekstra.

8. Mengendalikan Diri

Menggunakan kartu kredit membutuhan tanggung jawab dan pengendalian diri. Jika Anda memiliki keterbatasan dalam membayar tagihan dan mengawasi jumlah kartu kredit Anda, tidak ada salahnya jika Anda kembali ke uang tunai sebagai metode pembayaran untuk memperoleh kedisiplinan dalam pengeluaran sehari-hari.

 

Bila masalah keuangan masih saja membelit, ada baiknya berkonsultasi dengan bagian layanan pelanggan atau bagian penagihan kartu kredit. Anda dapat meminta penjelasan program pembayaran yang menjadi solusi masalah keuangan Anda. Selain itu, jasa konsultan keuangan profesional dapat membantu memperbaiki kebiasaan pengelolaan keuangan Anda.

 

When word gets around about your command of news facts, others who need to know about news will start to actively seek you out.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar